Senin, 18 Februari 2008

MP3 Player Ideal

Fungsi dasar sebuah MP3 Player adalah untuk memutar file MP3, untuk mendapatkan fungsi dasar tersebut kita bisa mendapatkan produk yang sangat murah. Namun apakah memang hanya fungsi dasar tersebut yang dibutuhkan untuk menikmati portabilitas alunan musik?

Pengalaman adalah guru terbaik, memang benar adanya. Termasuk dalam urusan memilih gadget yang satu ini, MP3 Player. Butuh beberapa keputusan yang salah untuk mengetahui parameter penting dari sebuah MP3 Player. Sebelum adanya keputusan2 salah tersebut, harapan saya dari sebuah MP3 Player tidak lebih dari sekedar pemutar lagu MP3. Saya menganggap dengan fungsionalitas yang sama, saya bisa mendapatkan dengan harga yang lebih murah jika membeli MP3 dengan merk yang tidak jelas. Well saya tidak sepenuhnya salah mengenai itu, namun ternyata banyak parameter lain yang harus dipertimbangkan agar pengalaman mendengarkan musik menjadi suatu hal yang enjoyable.

1. Look n Feel
Sebagian orang menganggap remeh desain fisik dari sebuah MP3 Player (termasuk saya), namun tahukah anda? Ipod bisa mencapai ketenaran yang luar biasa seperti saat ini karena desainnya yang sangat baik. Keindahan dan kualitas pembuatan menjadi kata kunci. Bisa jadi ada produk tiruan yang terlihat benar2 sama, namun hal itu dapat dengan mudah dibedakan hanya dengan memegang produk tersebut. "Rasanya" akan berbeda. Build quality tidak akan pernah bohong, kesempurnaan build quality menentukan harga.

2. Antar Muka
Satu hal yang benar2 terlewatkan dalam pertimbangan saya ketika itu adalah kemudahan pengoperasian alias kekuatan pada antar muka (interface). Yup, hal ini akan benar2 terasa penting ketika kita memiliki koleksi lagu yang cukup banyak dan ingin berpindah dari satu track ke track lain dengan parameter yang spesifik (berdasar artist, atau album). MP3 player semacam Ipod menggunakan touchpad untuk mempermudah navigasi.

3. Kapasitas
Mengenai hal ini tiap orang punya preferences masing2. Ada yang bilang semakin besar kapasitas semakin baik. Tapi untuk apa memiliki MP3 Player dengan kapasitas 20.000 lagu jika kita memiliki waktu yang sangat singkat untuk mendengarkan lagu. Jangan tanyakan lagi tentang legalitas, untuk mendapatkan lagu sebanyak itu secara legal membutuhkan uang 100 kali harga MP3 Player itu sendiri. Jadi untuk menentukan kapasitas yang dibutuhkan cukup tanyakan pada diri kita sendiri, berapa banyak waktu yang akan kita habiskan untuk menggunakan MP3 Player tersebut dalam seminggu, atau sebulan.

4. Kecepatan Transfer
Wajib harus kudu minimal USB 2.0, kurang dari itu bersiaplah untuk menghabiskan banyak waktu hanya untuk menunggu proses transfer lagu.

5. Baterai
Ketahanan baterai harus dijadikan parameter utama kita dalam memilih MP3 Player mengingat gadget ini sifatnya portable. Jangan mudah percaya pada spesifikasi teknis yang disodorkan oleh produsen, pelajari dan cari reviewnya dari pengguna. Untuk ketahanan Baterai, Sony berada pada posisi paling atas (dengan kompensasi harga yang luar biasa mahal pula). Satu hal lagi yang perlu dipertimbangkan berkaitan dengan baterai adalah apakah baterainya removable atau tidak, serta rechargeable atau tidak. Hal ini berkaitan dengan lifetime MP3 Player tersebut.

6. Merk
Saya pribadi bukanlah penggemar dari satu merk tertentu. Namun saya punya preferensi merk untuk produk2 tertentu berdasarkan pengalaman saya sendiri. Untuk MP3 Player hingga saat ini saya rekomendasikan Creative… :) karena value for money yang cukup besar (akan saya bahas lebih lanjut mengenai hal ini)

7. Harga
Saya memiliki prinsip Value for Money. Saya akan membeli suatu produk, dalam hal ini MP3 Player, jika value yang diberikan (fitur, desain, playtime, lifetime, dll) sesuai dengan Money yang harus dikeluarkan....

Pada akhirnya semua kembali pada masing2 pribadi yang memutuskan. Harus diingat, jangan gegabah, pertimbangkan dan kumpulkan informasi sebanyak2nya agar kita tidak menyesali keputusan yang telah kita buat....

That's all, semoga bermanfaat.

Cheers.

Tidak ada komentar: